25 September 2017
Search :
PROGRAM


IMBAL DAGANG
Rabu, 13 September 2006

SKEMA-SKEMA DAGANG

Secara sederhana diartikan sebagai suatu sistem perdagangan dimana pihak-pihak yang bertransaksi bersepakat malakukan kontrak perdagangan (jual/beli). Satu pihak menerima barang, pihak lainnya menerima pembayaran sejumlah nilai barang yang diserahkan.
Kontrak perdagangan dituangkan dalam akad/nota kesepakatan dimana penjual diwajibkan membeli barang dari mitra dagang sesuai kesepakatan berisi jenis, volume, kualitas produk, waktu dan cara pengiriman, cara pembayaran maupun jaminan/asuransi termasuk sanksi bila terjadi sengketa.

BENTUK-BENTUK IMBAL DAGANG
1. Barter
Pertukaran barang/jasa dengan barang/jasa lainnya yang dibutuhkan kedua belah pihak yang memeprtukarkan, dilakukan secara langsung dan simultan dengan nilai yang dianggap sama/sebanding tanpa menggunakan alat pembayaran. Bentuk ini telah dilakukan sejak dulu kala, naun perkembangan zaman menuntut barter antar negara diterapkan dalam suatu kontrak kesepakatan sebelum dilaksanakan pertukaran dimaksud.
2. Imbal beli (Counter purchase)
Transaksi dua negara yang diwujudkan dalam suatu persetujuan untuk saling membeli barang/jasa yang dibutuhkan, dimana pemasok barang/jasa menerima sebagian atau seluruh pembayaran dalam bentuk barang/jasa lain.
Pembayaran dapat dilakukan antara 1-3 tahun sejak terjadinya transaksi, porsi pembayaran tunai ataupun bentuk barang/jasa ditentukan atas dasar kesepkatan bersama yang terlibat.
3. Buyback
Transaksi perdagangan dua negara yang diwujudkan dalam suatu kontrak kesepakatan bersama kedua belah pihak, dimana pemasok barang/jasa menerima sebagian atau seluruh pembayaran dalam bentuk produk jadi hasil produksi dari pemrosesan/penambahan nilai barang/jasa yang berasal dari barang/jasa yang dipasok negra pemasok. Schedule pelunasan kembali atas dasar kesepakatan bersama tidak terbatasi dalam jangka waktu 3 tahun.
4. Offset
Salah satu bentuk imbal dagang anatar dua negara, dimana negara pemasok menyetujui memberikan sejumlah barang/jasa ataupun dana untuk investasi, joint production, transfer technology, memberikan peralatan, dan bentuan yang diperlukan di negara penerima/pembeli. Kesepakatan imbal dagang ini dituangkan dalam kontrak agreement lengkap.
Pelunasan dibayar dengan menggunakan hasil-hasil produksi atas investasi, joint productions, ataupun transfer technologies yang diterima di negara pembeli.

ALASAN PERLUNYA PENGGUNAAN SKEMA IMBAL DAGANG
1. Kesulitan memasarkan produk (daya tarik produk kurang, mutu rendah),
2. Kelangkaan valuta asing yang dimiliki pemerintah (hard currencies),
3. Kesulitan memperoleh kredit impor,
4. Produksi berlebihan (over production),
5. Upaya memasuki pasaran baru (international markets) sekaligus, mengembangkan hubungan kerjasama dalam berproduksi produk-produk industri strategis baru.
6. Peningkatan kerjasama dalam transfer teknologi, keseimbangan perdagangan, penciptaan lapangan kerja.

KELEMAHAN IMBAL DAGANG
1. Banykanya paper works dan melibatkan berbagai pihak terutama dalam skema goverment to goverment,
2. Sulit menilai harga komoditi yang ditawarkan atau ditransaksikan, tidak ada kepastian pedoman harga serta langkanya informasi harga,
3. Penyelesaian kontrak perjanjian memakan waktu dan biaya besar.

PIHAK YANG TERLIBAT DI NEGARA PEMBELI
1. Pengguna
2. Influencer
3. Pengambil Keputusan
4. Pemberi ijin
5. Agen yang melakukan pembelian
6. Konsultan
7. Agen penghubung
8. Mitra dagang

PIHAK YANG TERLIBAT DI NEGARA PENJUAL
1. Penanggung jawab
2. Operator
3. Penanda tangan perjanjian
4. Pemberi ijin
5. Lembaga penjamin

BENEFIT OF COUNTERTRADE/IMBAL DAGANG
Sumber : Countertrade Review, Extract.
A mail survey of 600 Australian international trading firms. Australian Countertrade Association Ltd., http://www.netspedd.com.au/jholmes/ACAoct.htm
a. Countertrade is of great importance to develop new maekets (71%),
b. Increased sales potential (67%),
c. Increased the growth of sales potential (65%),
d. Built long-term strategic alliances (62%),
e. Strengthened the firm’s competitive position (61%),
f. Increased the potential for market share (59%),
g. Developed markets for new product and/or serveces (55%), and
h. Fulfilled the buyer’s requirement (53%).



Suppplier/eksportir asing terikat pelaksanaan kewajiban Imbal Belinya dengan menandatangani Letter of undertaking “to purchase or to cause to purchase”:
a. Melakukan sendiri => membeli produk Indonesia dan menjualnya di luar negeri
b. Tidak mampu melakukan sendiri, dan/atau karena pertimbangan cost effectiveness melimpahkan (to assign) kewajiban eksportasi produk Indonesia kepada pihak ketiga (assignee company, ada 9 di Indonesia) dengan imbalan assignee fee, yang biasanya merupakan prosentase dari nilai kewajiban Imbal Beli.

Dampak dari assignmentship terhadap Pemerintah
Cost-Benefit analysis antara nilai assignee free dengan :
• Manfaat penetrasi pasar export
• Pendapatan pajak
• Multiplier effect:[1/(1-MPC)], dan
• Penambahan Lapangan Pekerjaan.

Pelaksanaan Kerjasama PT. Triharpindo Mandiri dengan UKM
1. Identifikasi => Pembuatan Data base dan pengumpulan contoh produk UKM. Jumlah UKM yang potensial 242 perusahaan (Badan hukum umumnya CV) :
Batik : 28 (12%), Food/Beverage : 20 (12%), Furniture : 27 (11%), Garment/Weaving : 38 (16%), Handicraft : 77 (32%), Bag/Wallet/Shoes : 43 (18%)
2. Pengiriman prduct samples dan menandatangkan importir asing yang berpotensi => Costly + Kesulitan Follow-through => website
3. Mendukung/mendampingi UKM dalam trade show di luar negeri dan melakukan usaha follow up (pembuatan kontrak, penyelesaian dispute) => Bahan baku + Mutu pasca panen
4. Perbaikan sistem Administrasi dan Keuangan UKM :
Membantu pembuatan financial Statements dan Inventory Records (diisyaratkan adanya pencatatan transaksi/CL sederhana dan source document). Tujuan program adalah Bankability;
5. Bekerja sama dengan UKM dalam pembuatan Website sebagai fasilitas pemasaran produksi



Pameran Virtual 2003

Jumat, 28 Juli 2006
Melihat secara langsung produk yang dipamerkan, dipercaya dapat memberikan dampak yang lebih efektif untuk menarik minat pembeli. Untuk membantu promosi dagang lewat internet, BPEN memberikan layanan pameran maya (virtual) yang bisa dimanfaatkan eksportir nasional.
()

Pengunjung hari ini :  
Total Pengunjung    :  

Copyright © 2003 Indag-DIY. All rights reserved. Contact Us.
Designed by THINKNOLIMITS.